16-17-18-19 Oktober 2012

Ini merupakan perjalanan pertama saya keluar Indonesia alias keluar negeri , maklum saja selama ini hanya berlibur di sekitar Indonesia saja. Soalnya restu orang tua susah banget didapat , dari dibilang masih kecil sampai lain-lain. Huffft…

Untuk trip kali ini merupakan acara dari himpunan yang saya naungi yaitu Himpunan Management di salah satu Universitas Swasta di Jakarta . Yaaa acara nya bernama Study tour Internasional, well perjalanannya mencakup Jakarta-Singapore -KL – Penang – KL – Jakarta. waktu yang ditempuh hanya 4 hari 3 malam. Perjalanan yang sangat singkat .

Oke, tadi nya tuh minta izinnya susah banget sama papa, akhir nya 1 minggu sebelum keberangkatan saya diperbolehkan pergi. OMG , yeay !!! tapi ketar-ketir adalah ketika belum punya passpor sama sekali . Langsung aja tanya-tanya temen bikin paspor yang cepet. Dan, bermodalkan nekat akhirnya datanglah ke kantor imigrasi tingkat 1 Jakarta Pusat, ya dengan membawa kelengkapan ktp + akta lahir + Kartu keluarga + ijasah terakhir plus map+formulir dan materai + cover passpor ( harganya 15.000 di loket imigrasi ) langsung saya antri untuk dipanggil, dan setelah dipanggil ternyata hanya dikasih  lembar untuk wawancara 2 hari kemudian. Well nunggunya lumayan sih , tapi kalo pakai online sebenernya lebih cepet, cuma karena scan di rumah lagi rusak , unlucky me . Hari pemanggilan hari Rabu , dan saat itu masih pagi sekitar jam 09.30 saya sudah di kator imigrasi , ternyata sudah sangat ramai , dan saya sih udah merasa cemas dari pagi karena saya butuh paspornya untuk hari JUMAT ini , bayangkaaan !! saya ga pakai calo sama sekali , hanya modal nekat kali aja jadi cepet , soalnya sumber info di web katanya 4 hari kerja jadi , tapi saya itungnya dari masuknya berkas, harusnya hitungnya dari setelah wawancara. damn >.< !!! Saya mulai berfikir keras gimana ini cara nya, dan ga ada sama sekali calo yg menawarkan , saya heran sih , apa saya aja yang ga tau yang calo yang mana !! dudullll………………… . Oke lagi nunggu di panggil no nya , eh bayar dulu , bayar juga ada no antriannya . bayarnya 5 menit antrinya sejam lebih. >.< . Oke ingat prosedur dan ingat kalo single fighter . Hari itu tetep saya sendirian aja dengan sok berani nya, saya nunggu di ruang tunggu dan samping saya kayaknya om-om gitu . saya yang ketar-ketir paspor kapan jadinya , alhasil nanya sama sebelah saya dengan pd nya. Ternyata orangnya baik banget , namanya pun saya lupa sih . hahahahha. Yang jelas saya manggilnya om, mau tua mau muda tetep aja kayak om-om. Di pembiacaraan itu dia juga kaget saya butuh dalam 2 hari tanpa calo sama sekali eh travel aja deh jangan calo bahasanya. Tapi dia lebih mencengangkan lagi , soalnya dia harus memberangkan bosnya dan paspor harus jadi jam 11. padahal skrg jam 10.00 whattt ??? ini sih gilaaa. Saya merasa sangat terbantu karena dia itu langsung memperkealkan saya ke petugas imigrasi jalur cepat  yang biasa urus travel  , kita ga kenalan sama sekali . Dan ibu itu bilang nanti saya minta tolong saja sama yang wawancara saya di dalam, hmmmm dalam hati ” kalo yang wawancara galak gimana ? dimakan ntar gw ? ntar bapaknya nolak dikira korupsi?” oke tapi mau gak mau saya  butuh CEPAT. well saat nama saya dipanggil saya diwawancara ini dan itu , dengan polosnya saya bertanya seperti yang disuruh ibu petugas tadi , dibalik muka pewawancara saya yang keliatan sangar, eitss dia baik dan welcome sekali . Tapi dia mau bantuin saya diurus pihak travel biar cepet dan  biaya tambahan  sekitar Rp.250.000 dan paspor jadi besok nya. Saya bilang ” oke kalau begitu “. saya pikir : mau cepet yah ada uang , namanya juga birokrasi. Dari pada sama calo di internet 1.000.000 sehari jadi ? emang sih cepet banget tapi sayang sih uangnya dan kalo penipuan ? amsyoong  . Saya terimakasih sekali  sama bapak petugasnya karena mau bantuin nama saya diurus oleh travel lain. alhasil Rp.550.000 ( real paspor jalur biasa = Rp. 255.000 ) dengan waktu jadi paspor 1 hari setelah wawancara sangat sangat membantu sayaaaa. Alhamdulillah.

Lanjut , ternyata tarif saya untuk tour ini dinaikan , karena harga tiketnya naik >.< , jadi nambah Rp.200k kalo ga salah, hmmmmmmm okelah kalo gitu . Paspor udah jadi masa gak berangkat . Akhirnya hari yang ditunggu tiba juga, tapi malam hari sebelumnya mama sempat panik karena saya sampai jam 10.00 malam belum pulang dan belum packing. Mana sampe rumah harus terima kenyataan mati lampu dulu sejam baru bisa packing, tapi alhamdulillah packing juga.

Hari Pertama ( Day 1st )

Kumpul dulu di admisi kampus saya bersama peserta lainnya, akhirnya rombongan diantar bus kampus menuju bandara. Dan disana udah ada 3 orang peserta lain yang nyusul duluan , Sampai di bandara , langsung aja dikasih box bekal makanan dari tour guide nya. Tour guide nya ternyata bukan mas yang kita call , tapi orang lain . Oke gapapa lah semoga baik orangnya. Tour guide nya ribet bangeeeet bangeeet , sampai hal mendetail pun dia infokan. namanya koko Felix. ( sebut nama ga minta loyalti ini kan ? hahahha ) . Lanjut perjalanan singkat banget tiba-tiba udah di Singapore aja . Yihaaaaaa !!

Changi Intl. Airport
Proses Imigrasi di Bandara Changi
Setelah selesai proses imigrasi di Bandara, ternyata kami sudah langsung dijemput oleh bus pariwisata  besar dengan kapasitas 50 orang padahal kami hanya ber-14 .Mana busnya super duper guedeee dan nyaman banget buat perjalanan jauh . Akhirnya kami pun duduk sendiri sendiri , ada juga sih yang berdua. Supirnya pun ramah dan ternyata orang Malaysia asli. Nama bus nya Bas Persiaran , namanya aja udah nama Malaysia , jadi kayaknya ini bis asli Malaysia.

Bas Persiaran Inside
Well perjalanan di mulai dari Changi Intl. Airport menuju Sekitar Marina Bay Sands, ada Merlion Park dan juga Esplanade, dan pemandangan kota yang bersih membuat saya kagum , karena beda sekali dengan di Jakarta , walaupun gersangnya sama.

View From Bus – Singapore

Esplanade River – Singapore

Marina Bay Sands-Singapore